Swasembada Pangan, TNI Siapkan 25 Hektar

MUARABULIAN – Dalam rangka peningkatan produksi serta untuk mencapai Swasembada pangan nasional di wilayah Kecamatan Tembesi Kabupaten Batanghari, Koramil 415-03/Muaro Tembesi Kodim 0415/Batanghari membantu masyarakat dalam menanam padi.

Hal itu merupakan salah satu wujud nyata TNI dalam meningkatkan kesejahteraan serta ketahanan bagi masyarakatnya.

Untuk meningkatkan Swasembada pangan tersebut Koramil 415-03/Muara Tembesi menggerakkan para bintara Pembina Desa (Babinsa) mendampingi para kelompok petani di daerah itu membuka lahan sawah siap tanam seluas 25 Hektar.

Danramil 415/03 Muara Tembesi, Kapten Inf Ibnu Hajar mengatakan, kegiatan itu merupakan komitmen TNI Angkatan Darat dalam mewujudkan meningkatnya swasembada pangan.

“Program serbuan teritorial dengan memberdayakan para Babinsa di seluruh wilayah Batanghari mulai menunjukkan hasil yang signifikan. Mulai mendampingi para petani untuk membuka lahan sawah siap tanam seluas 25 hektar,” Ujarnya.

Kini, program swasembada pangan dengan membuka lahan sawah itu sedang digarap oleh semua Babinsa.

Kegiatan para Babinsa itu, lanjut dia, untuk membantu para petani yang tergabung dalam kelompok tani dengan upaya untuk menyukseskan program swasembada pangan di Provinsi Jambi.

“Babinsa bukan hanya sebagai pendamping kelompok tani, tetapi langsung turun ke sawah untuk membantu kelompok tani bercocok tanam dengan benar. Harapannya, kelompok tani dapat melanjutkan penanamannya sesuai dengan arahan dan petunjuk yang telah diberikan dari para Babinsa,” Katanya.

Berdasarkan, keterangan dari ketua kelompok tani Setempat, masyarakat sangat mengapresiasi para Babinsa yang turun ke sawah.

” Selama ini mereka hanya berpikir tentara itu identik dengan berperang. Ternyata anggapan itu salah, sebab melihat para Babinsa yang begitu cekatan turun ke sawah menanam padi, barulah mereka sadar bahwa TNI adalah pengayom masyarakat yang hebat.” Papar Ketua.

” Masyarakat menyampaikan rasa terima kasih terhadap kegiatan yang dilakukan Babinsa dan dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat dapat memberi contoh positif kepada mereka,” Tutupnya. (Man)