Babinsa: tukang ojek merupakan mitra karib yang potensial.

Telanaipura- Dalam rangka menghadapi tuntutan tugas-tugas yang sangat komplek dan penuh dengan dinamika, Babinsa harus bisa berperan dan mempunyai kemampuan dilapangan.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh Babinsa yakni kemampuan intelijen teritorial. Kemampuan untuk dapat menyelenggarakan penginderaan terhadap lingkungan hidup agar setiap perubahan dan perkembangan dalam kehidupan dan perkembangan di masyarakat dapat diketahui dan dikenal secara dini.

Pelaksanaan fungsi dan tugas Babinsa diwilayah binaan, tidak mungkin bisa dihadapi sendiri oleh Babinsa, mengingat wilayah yang menjadi tanggung jawabnya sangat luas, dengan jumlah penduduk yang besar dan karakter yang berbeda/ heterogen.

Untuk itu seorang Babinsa harus mampu membentuk jaring teritorial sebagai mitra karib dalam melaksanakan tugas-tugas Binter diwilayah binaan, Babinsa harus mampu membentuk sistem yang baik untuk memperoleh informasi yang cepat dan akurat. Babinsa harus banyak mempunyai kawan dan teman, agar informasi yang berkaitan dengan situasi diwilayah binaan dapat dimonitor dan diketahui dengan cepat.

Seperti yang dilakukan oleh Pelda Jasril dan Serda Sentosa Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura, melakukan kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan warga yang berprofesi sebagai tukang ojek yang ada diwilayah Kel. Buluran Kenali Kec. Telanaipura Jambi, Sabtu (09/03/2019).

Masyarakat yang berprofesi sebagai tukang ojek sangat potensial dijadikan mitra karib, karena banyak waktunya yang dihabiskan dijalanan, sehingga seringkali tukang ojek memperoleh informasi yang sangat berguna untuk mendukung tugas Babinsa. Untuk itu sangat penting menjalin hubungan yang baik dengan tukang ojek.

Sementara dalam kesempatan yang berbeda, Mayor Inf Iswadi S.Sos.i sebagai Komandan Koramil 415-09/Telanaipura, sangat mengapresiasi upaya Babinsa yang menggandeng tukang ojek sebagai mitra karib dalam melaksanakan tugas-tugasnya dilapangan. Danramil berpesan agar Babinsa yang melaksanakan tugas dilapangan tidak boleh mengabaikan komsos dengan tukang ojek karena tidak sedikit informasi yang diberikan oleh mereka.

Masih menurut Danramil, dengan kemampuan komsos yang diselenggarakan dan kemampuan intelijen teritorial sangat penting dimiliki oleh Babinsa, agar Babinsa dengan mudah memperoleh informasi yang aktual sebanyak-banyaknya tentang berbagai aspek lingkungan hidup.