Bersama petugas medis, Babinsa bantu mobilisasi warga untuk melakukan rapid test.

TELANAIPURA, kodim-0415-batanghari.com – Upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19 di kota Jambi terus dilakukan dan ditingkatkan oleh gugus tugas covid-19 dan tim medis serta instansi terkait lainnya.

Hal ini dilakukan secara masif dengan harapan bahwa penyebaran covid-19 akan segera dapat diatasi dan dibatasi.

Sasaran rapid test kali ini secara serentak dilakukan terhadap pengunjung dan pedagang pasar tradisional yang ada di wilayah kota Jambi.

Pasar, sebagai pusat transaksi jual beli cenderung rentan terhadap paparan covid-19. Tidak semua pengunjung dan pedagang menerapkan pola hidup bersih dan prilaku disiplin.

Kesadaran dan kedisiplinan untuk menerapkan anjuran pemerintah dalam menjalankan protokol covid-19 cenderung terabaikan, masih banyak dijumpai dipasar-pasar tradisional yang kerap tidak memakai masker, tidak menjaga jarak dan bahkan masih dijumpai sebagian pengunjung yang belum menyadari akan bahayanya virus corona ini.

Sebagai tindak lanjutnya, gugus tugas dan petugas medis melakukan upaya penyadaran dan penegakkan berperilaku disiplin dengan melaksanakan rapid test agar dapat diketahui status kesehatannya secara jelas dan pasti.

Babinsa kelurahan Mayang, Koramil 415-09/Telanaipura, Serka Afriadi bersama tim medis dari puskesmas Rawasari dan instansi terkait melakukan rapid test dipasar mama, puri mayang yang terletak di jl. Serma Ishak Dahlan Ahmad Rt. 07 kelurahan Mayang Mangurai, Selasa (12/05/2020).

Kendati peran Babinsa tidak spesifik dibidang kesehatan, namun keberadaan Babinsa dalam kegiatan seperti itu cukup penting dalam hal membantu memobilisasi pedagang ataupun pengunjung pasar untuk dilakukan rapid test.

Menurut Serka Afriadi, kebersamaan, kesadaran dan kedisiplinan merupakan kunci utama dalam meraih keberhasilan tugas dan kegiatan. Tanpa itu semua, kegiatan tidak dapat dikatakan berhasil alias nihil.

Secara terpisah, selaku Babinsa yang bertugas pembinaan diwilayah binaan, ia berharap kepada masyarakat khususnya pedagang dan pengunjung pasar untuk tetap waspada terhadap penyebaran covid-19 ini, menerapkan protokol covid-19 untuk keselamatan, harus patuh dan taat terhadap anjuran pemerintah.

“Bersama tim medis dan instansi terkait lainnya, Babinsa selalu siap berusaha memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang sangat membahayakan ini.” ujarnya.