Diharapkan peran TNI khususnya Babinsa untuk mendorong masyarakat membangun keluarga sejahtera.

TELANAIPURA, kodim-0415-batanghari.com – Harganas (Hari Keluarga Nasional) diperingati setiap tanggal 29 Juni setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan momentum untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih menyadari dan memahami pentingnya keluarga sebagai fondasi membangun kehidupan yang sejahtera.

Keluarga menjadi tempat pertana yang berfungsi untuk melindungi, membimbing dan memberdayakan anggota keluarga baik secara sosial, ekonomi dan budaya. Keluarga berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, norma dalam bermasyarakat serta dalam memperteguh pancasila pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dibutuhkan peran bersama untuk mewujudkan kemandirian dan keluarga sejahtera. Keluarga mempunyai peranan dalam upaya memantapkan ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Dari keluargalah kekuatan dalam pembangunan suatu bangsa akan muncul.

Sebagai ujung tombak dalam pembinaan teritorial di wilayah, Babinsa diharapkan mampu merubah mindset masyarakat perihal keluarga sehahtera. “Peringatan hari keluarga dimaksudkan agar maknanya dapat dipahami oleh seluruh keluarga dan benar-benar bisa dinikmati. Hari keluarga juga mengingatkan kembali tentang pentingnya mencintai dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga.” Ujar Sertu Mardianto Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura saat memonitor kegiatan harganas di RS. Mitra Jambi, Senin (29/06/2020).

Lebih jauh ia berpendapat bahwa Hari Keluarga Nasional kerap diidentikkan dengan Keluarga Berencana (KB). Akibatnya segala hal yang berkaitan dengan Harganas seakan-akan menjadi tanggung jawab BKKBN. Padahal tidak sebatas itu. Harganas milik seluruh anak bangsa ini.

Kegiatan Harganas di RS. Mitra Jambi beralamat di Jl. Basuki Rahmat, Paal Lima Kecamatan Kota Baru Jambi, dihadiri oleh Wawako Jambi, Kasdim 0415/Batanghari Mayor Inf Beni, kepala BKKBN dan instansi terkait lainnya.

Pada intinya peringatan hari keluarga merupakan upaya untuk mengingatkan seluruh masyarakat, betapa pentingnya suatu keluarga. Untuk itulah diharapkan peran kowil (Babinsa) agar mampu mendorong masyarakat membangun dan mewujudkan keluarga yang sejahtera.