Apel pagi bertujuan untuk pengecekan, evaluasi dan waskat terhadap kinerja prajurit.

TELANAIPURA, kodim-0415-batanghari.com – Apel dalam rangka pengecekan di lingkungan institusi TNI sudah menjadi tradisi dan kewajiban yang harus dilakukan.

Apel pengecekan di jajaran kowil biasanya dilakukan pada pagi hari (apel pagi) dan sore hari (apel sore) setelah melakukan tugas-tugas yang dibebankan sesuai tupoksinya masing-masing.

Kendati menjadi suatu kewajiban, apel terkadang dapat dilakukan secara virtual. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah pimpinan dalam rangka pengawasan melekat (waskat) terhadap anak buahnya, sehingga kondisi dan keadaan para anak buahnya dapat terpantau dengan tepat.

Apel pagi dilingkungan Koramil 415-09/Telanaipura dilaksanakan setiap pagi, bertujuan untuk memberikan arahan dan pembagian tugas-tugas sesuai dengan lingkup wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga perintah tugas benar-benar dapat diterima langsung oleh personil. Menyangkut kendala, kesulitan dan potensi ketidakberhasilan dalam melaksanakan tugas dapat didiskusikan.

Hal ini dibenarkan oleh Batuud Koramil 415-09/Telanaipura, Pelda Heriyawan saat menyampaikan arahan dari Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Iswadi S Sos.i di lapangan apel Koramil 415-09/Telanaipura, Rabu (01/07/2020).

Menurutnya, apel pagi di lingkup Koramil 415-09/Telanaipura wajib dilakukan setiap harinya, hal ini bertujuan sebagai upaya pengecekan, evaluasi atas tugas-tugas sebelumnya dan juga pengawasan melekat (waskat).

Waskat merupakan tanggung jawab mutlak seorang pimpinan/komandan terhadap anak buahnya, sehingga kesulitan dan kendala ataupun permasalahan yang dihadapi seseorang akan dapat dan cepat terdeteksi untuk dicarikan solusinya.

Danramil 415-09/Mayor Inf Iswadi S.Sos.i meminta kepada anak buahnya untuk menyampaikan permasalahan secara terbuka melalui alat komunikasi yang ada, apabila berhalangan mengikuti apel pagi.

“Sebisa mungkin sistem harus dipermudah, jangan dipersulit, supaya kinerja prajurit tidak terganggu. Silahkan gunakan alat komunikasi yang ada.” Pintanya.