Babinsa Hadiri Focus Group Discussion (FGD) Sat Binmas Polres Muaro Jambi Di PT.PMG (Petaling Mandra Guna) Desa Sungai Gelam

SUNGAI GELAM, kodim-0415-batanghari.com – Babinsa Koramil 415-06/Pijoan Pelda M. Amin mewakili Danramil 415-06/Pijoan menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Sat Binmas Polres Muaro Jambi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kab. Muaro Jambi, kegiatan ini di selenggarakan di PT. PMG (Petaling Mandra Guna) Desa Sungai Gelam Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi. Selasa, (06/04/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Muaro Jambi di wakili Kasat Binmas AKP.A.Akil, KPHP Muaro Jambi Sulardi, BPBD Muaro Jambi Anari, Kades Sungai Gelam Hasannudin beserta perangkat, Kades Parit Muhammad Aman beserta perangkat, Ketua BPD Sungai Gelam Dedi Irpan), Perwakilan dari PT.BGR Hendri, PT.VAT Ardi, PT MKI Katman, anggota MPA Desa Sungai Gelam beserta masyarakat Desa Sungai Gelam.

Kapolres Muaro Jambi yang diwakili Kasat Binmas AKP A.Akil menyampaikan menjelang musim kemarau agar semua pihak bersama-sama menyatukan visi dan misi dalam mencegah Karhutla di Kab.Muaro Jambi.

Menurut penelitian 99% Karhutla disebabkan oleh manusia, yaitu unsur kesengajaan dalam membakar,” terangnya.

Kasat Binmas juga menambahkan pebatasan dan pengawasan kearipan lokal serta mengakomodir lahan yg mana boleh dibakar maupun tidak dengan syarat-syarat tertentu terkait Perda yg baru serta peran serta tokoh masyarakat dan tokoh adat mengenai kebijakan tersebut. Kedepannya tahun 2021 ini agar Kab. Muaro Jambi bebas dari asap.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu undangan yang bersedia hadir dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD), semoga kita dapat bekerja sama dalam penanganan Karhutla di Kab. Muaro Jambi, terlebihnya saya berharap Kab. Muaro Jambi tidak ada terjadi Kebakaran hutan dan lahan dengan masyarakat mematuhi peraturan yang berlaku.

Untuk itu, perlu kerjasama yang baik Pemerintah Daerah, TNI-POLRI serta elemen masyarakat untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait tata cara membuka lahan yang baik.”Terang Babinsa.”(Pendim)