Majelis Pembimbing Saka Pramuka SWK Ranting Wilayah Koramil Telanaipura di Kukuhkan

JAMBI, kodim-0415-batanghari.com – Majelis pembimbing (Mabi) Satuan Karya (Saka) dan pimpinan Saka Wira Kartika ranting Telanaipura, Danau Sipin, Alam Barajo dan Kotabaru masa bakti 2021-2024 berpangkalan di Koramil 415-09/ Telanaipura di kukuhkan dengan tertib dan penuh khidmat.

Kegiatan ini dilangsungkan pada Senin (12/04/2021) di Kantor Koramil 415-09/Telanaipura oleh Ka Kwarcab kota Jambi dan merupakan pengukuhan pertama kali pada Saka Wira Kartika di Kota Jambi.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan Pramuka penegak dan pramuka pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan matra darat sebagai patriot bangsa yang setia dan menjunjung tinggi negara Indonesia.

Sebagai salah satu ranting organisasi kepramukaan, banyak tugas berat dan PR yang harus diselesaikan berkaitan dengan tujuan pembentukannya, yakni memberikan pengetahuan tentang disiplin, sosial kemasyarakatan dan juga bela negara kepada generasi muda khususnya yang tergabung dalam gerakan pramuka.

Hal ini juga dibenarkan oleh Danramil 415-09/ Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E yang juga menjabat sebagai ketua Mabi.

Ia menjelaskan bahwa dibutuhkan keseriusan dan kepedulian yang tinggi serta pengorbanan dalam mencetak generasi muda yang disiplin, tangguh dan berwawasan kebangsaan.

“Membimbing generasi muda menjadi generasi yang mempunyai jiwa patriot, tangguh dan bertanggungjawab tidak semudah membalikan telapak tangan, perlu pengorbanan dan keseriusan.” ujar Danramil.

Diketahui bersama bahwa masa muda merupakan masa peralihan yang penuh dengan emosi dan rentan terhadap pengaruh negatif seperti radikalisme, kriminalitas dan perbuatan negatif lainnya.

Danramil juga berharap dengan dikukuhkannya Saka Wira Kartika ini dapat berperan banyak bagi warga masyarakat di tengah mewabahnya pandemi covid-19 yang belum berakhir ditangani hingga sekarang.

Diperlukan percepatan pengukuhan ranting-ranting Saka Wira Kartika lainnya agar benar-benar terbina dan terbentuk kelompok pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang mampu diandalkan dan dibanggakan dalam kerangka NKRI, imbuhnya.(Pendim).