Bersama Walikota Jambi, Dandim 0415/Bth kampanyekan manfaat bersepeda dimasa pandemi covid-19.

TELANAIPURA, kodim-0415-batanghari.com – Bersama Walikota Jambi dan pemangku kebijakan lainnya, Dandim 0415/Bth Kol inf J Hadiyanto S.I.P., M.I.P, Sabtu (05/06/2021) melakukan kegiatan bersepeda bersama.

Selain sebagai sarana olahraga dan rekreasi, kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat akan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan di masa pandemi berlangsung seperti sekarang ini.

Selain itu kegiatan ini sekaligus untuk mengkampanyekan bersepeda sebagai moda transportasi darat dengan risiko minim dan sangat bermanfaat bagi kesehatan pelakunya.

Akhir-akhir ini bersepeda menjadi salah satu olahraga paling favorit dan paling digemari, selain jogging dan berlari. Terlebih lagi saat ini banyak jalur dan lajur yang sudah dijadikan sebagai zona jalur sepeda, sehingga membuat lebih merasa aman dan nyaman saat bersepeda.

Fisik yang aktif adalah kunci untuk memiliki kebugaran dan kesehatan tubuh.

Pasalnya, aktivitas fisik yang teratur melindungi kita dari risiko penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, radang sendi dan banyak penyakit berat lainnya.

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas fisik atau olahraga dengan cara yang mudah dan murah. Tak perlu menyewa pelatih khusus atau menghabiskan uang untuk pergi ke gym.

Menurut Dandim Bth melalui Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E saat ditemui dilokasi start, bersepeda diyakini memberikan dampak atau efek samping yang relatif sangat rendah. Bersepeda menyebabkan lebih sedikit ketegangan dan cidera daripada kebanyakan bentuk aktivitas fisik lainnya.

“Dengan bersepeda, kebugaran fisik dan imunitas tubuh jelas akan terbentuk. Semua ini akan bermanfaat untuk menangkal virus penyebab pandemi yang selama ini kita alami dan rasakan.” ungkapnya.

Oleh sebab itu kegiatan yang digagas bersama ini sekaligus untuk mengkampanyekan manfaat bersepeda, sehingga diharapkan masyarakat menjadikan bersepeda untuk meningkatkan imunitas, kesehatan dan menjadikan moda transportasi satu-satunya serta rela beralih menggunakan sepeda yang ramah lingkungan dan menyehatkan, sebagai moda transportasi menggantikan kendaraan bermotor.

Dandim yang sempat diaminkan oleh Danramil berkomitmen akan mensosialisasikan kegiatan bersepeda dilingkungan kerjanya dengan menjadwalkan kegiatan bersepeda ini sebagai prioritas selain kegiatan fisik lainnya disatuan.(Pendim)