Genjot target vaksinasi, Babinsa Koramil Telanaipura aktif bantu serbuan vaksinasi terhadap lansia

TELANAIPURA, kodim-0415-batanghari.com – Target vaksinasi terhadap lansia (masyarakat dengan prioritas) khususnya di kota Jambi masih jauh dari yang diharapkan. Pencapaian vaksinasi covid-19 untuk kalangan lanjut usia (lansia) masih terbilang rendah.

Banyak faktor penghambat dan pertimbangan sehingga vaksin terhadap lansia belum tercapai, salah satunya kondisi fisik atau kesehatan dan kekawatiran anggota keluarga lansia terhadap efek samping yang akan ditimbulkan setelah pelaksanaan vaksin.

Sementara pemerintah sendiri telah menjamin keamanan dan kehalalan vaksin covid-19 yang diberikan.

Dilansir dari data Dinkes kota Jambi, ada sekitar 54.219 orang lansia di kota Jambi yang menjadi sasaran vaksinasi covid-19, baru 13.421 orang yang sudah menerima vaksinasi dosis pertama. Sedang lansia yang telah menjalani vaksinasi dosis kedua sebanyak 12.106 orang.

Sebagai langkah dan upaya lanjutan, serbuan vaksinasi terhadap lansia terus dilakukan. Peran aparat kewilayahan terutama Babinsa untuk mendorong, memotivasi dan memobilisasi lansia sangat diperhitungkan dan dibutuhkan.

Alhasil sesuai rencana pada hari ini tanggal 8 hingga 9 Juni 2021, di tiap-tiap kelurahan akan dibuka pos vaksinasi lansia. Pelaksanaan dilakukan secara serentak dengan pengawasan ketat oleh stakeholder ditingkat kelurahan dan kecamatan setempat.

Ditemui saat berada dilokasi vaksin, Dandim 0415/Bth Kol inf J Hadiyanto S.I.P., M.I.P membenarkan keterlibatan langsung aparat kewilayahan terutama para Babinsa untuk mendukung program vaksinasi ini, terutama program serbuan vaksinasi terhadap lansia sehingga target akan dapat tercapai.

Dandim juga mengungkapkan bahwa jauh sebelum pelaksanaan serbuan vaksinasi hari ini, Babinsa jajaran Kodim 0415/Bth telah aktif mendata, mendampingi dan memobilisasi para lansia agar tumbuh kesadaran untuk menerima vaksin secara sukarela.

“Kita semua harus menyadari bahwa penanganan pandemi covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama agar tidak membahayakan bagi diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat di sekitar kita.” ujarnya

Dalam kesempatan ini, Dandim juga berharap agar protokol kesehatan benar-benar ketat diberlakukan, karena kunci untuk menjaga diri masing-masing adalah dengan penggunaan masker yang tepat dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya, imbuhnya.(Pendim).