Teladani jiwa patriotisme para pendahulu bangsa, Babinsa siap sukseskan program pekan vaksinasi bagi lansia.

TELANAIPURA, kodim-0415-batanghari.com – Sebagai bangsa yang besar dengan penuh keberagaman, tentunya harus menghargai jasa-jasa para pendahulu bangsa dan para pahlawannya.

Sikap cinta tanah air inilah yang selalu digaungkan untuk mengobarkan semangat dan menumbuhkan patriotisme anak bangsa.

Kemajuan teknologi membuat sebagian masyarakat tidak siap untuk menghadapinya, bahkan kebudayaan dan persatuan sering dipertaruhkan bagi keutuhan NKRI.

Sebagai aparat TNI khususnya aparat kewilayahan, tentunya banyak sekali permasalahan sosial kemasyarakatan yang sangat komplek dan memerlukan penyelesaian tersendiri.

Sebagai contoh yakni Program vaksinasi Nasional. Program ini merupakan salah satu program untuk penanganan dan pengendalian pandemi covid-19. Program ini harus berjalan lancar dan sukses, tentunya diperlukan peran bersama dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Program pekan vaksinasi bagi lansia digagas oleh pemangku kebijakan sebagai salah satu program percepatan penanganan covid-19. Melalui instruksi Gubernur Jambi Nomor: 5/INGUB/DINKES/2021 tentang Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi Lansia (GSP-VL) se-Provinsi Jambi, diharapkan dapat memenuhi target penerima vaksinasi.

Kodim 0415/Bth dan jajarannya aktif terlibat dalam program tersebut. Diharapkan Kodim mampu mensukseskan program ini, sehingga target pencapaian benar-benar dapat terwujud.

Menyikapi hal tersebut, Danramil 415-09/ Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E sebagai pelaksana Kodim Bth, mengaku siap mendukungnya. Pengerahan Babinsa ditiap-tiap kelurahan terus diberdayakan.

Pendataan, mempengaruhi, mengajak dan memobilisasi (antar dan jemput) lansia menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang Babinsa di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Sertu Munsyaril, Babinsa Koramil Telanaipura kelurahan Kenali Asam Bawah, ia harus rela memapah dan mendorong salah seorang lansia di atas kursi rodanya , untuk memastikan agar proses vaksin dapat diterima dengan baik.

Ditemui secara terpisah, Danramil Telanaipura mengaku bahwa apa yang dilakukan oleh Babinsanya merupakan perwujudan dari peneladanan terhadap sikap patriotisme para pendahulu.

“Untuk terus membangkitkan sikap kecintaan terhadap bangsa dan terus meneladani serta melestarikan sikap luhur pendahulu bangsa yang rela berkorban, pantang menyerah, tanpa pamrih dengan dilandasi jiwa sosial yang tinggi, semata-mata demi keutuhan NKRI.” ujarnya.

Danramil juga berharap dengan pelaksanaan program ini mampu meningkatkan target vaksinasi bagi lansia, yang sebelumnya dinilai masih sangat rendah, imbuhnya.(Pendim).