Koramil Telanaipura bantu sukseskan vaksin bagi pra-lansia

TELANAIPURA, kodim-0415-batanghari.com – Danramil 415-09/ Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E secara langsung bantu sukseskan vaksinasi bagi para pra-lansia di wilayah kecamatan Telanaipura, Kamis (10/06/2021).

Program vaksinasi hingga kini terus bergulir dan menyasar bagi warga pra-lanjut usia atau berusia lebih dari 50 tahun, sembari menuntaskan pemberian vaksinasi untuk warga lanjut usia berusia lebih dari 60 tahun.

Pemkot kota Jambi melalui kecamatan-kecamatan telah mulai melaksanakan vaksinasi untuk warga pra-lansia berusia 50-59 tahun. Sebab masyarakat dalam rentang usia tersebut juga dinilai rentan terpapar covid-19 setelah kelompok usia 60 tahun ke atas.

Melalui Babinsanya, Danramil memerintahkan agar setiap Babinsa mendata warga diwilayahnya dengan kategori pra-lansia bersama-sama dengan aparat kelurahan dan ketua RT setempat.

“Sasaran pemberian vaksinasi covid-19 diperluas ke kelompok umur pra-lansia. Kebijakan ini diambil dengan dasar kelompok pra-lansia adalah kelompok usia paling rentan kedua setelah lansia dan perlu dilindungi.” ujar Danramil.

Dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/II2021 tentang percepatan pelaksanaan Vaksinasi covid-19 pada kelompok pra-lansia disebutkan bahwa mekanisme vaksinasi yakni 2:1, yaitu untuk satu orang usia 18-49 tahun dapat menerima vaksinasi bila membawa dua orang usia 50 tahun keatas.

Hal ini dilakukan agar pada saat pelaksanaan vaksinasi tidak terjadi kerumunan dan antrian.

Dengan adanya koordinasi dan kerjasama percepatan pelaksanaan Vaksinasi covid-19 dengan berbagai pihak, Danramil yakin bahwa target vaksinasi akan dapat tercapai.

Lebih lanjut, dalam rangka penanganan penyebaran covid-19 di wilayah Binternya, Danramil berkomitmen akan mensosialisasikan, mendukung dan mensukseskan kegiatan program vaksinasi ini, imbuhnya.(Pendim).