Perlancar program vaksinasi Nasional, hari ini Babinsa kembali mobilisasi warga untuk vaksin dosis ke-2

TELANAIPURA, kodim-0415-batanghari.com – Program vaksinasi covid-19 dilakukan dalam rangka upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 selain pemberlakuan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M dan menghindari kerumunan.

Vaksinasi merupakan proses memasukkan vaksin dalam tubuh agar seseorang menjadi lebih kebal dan terlindungi dari penyakit tertentu.

Dengan menerima vaksin, maka seseorang tersebut akan memiliki gejala yang lebih ringan dibanding orang yang belum menerima vaksin.

Hari ini, Senin (26/07/2021) Babinsa kembali memobilisasi warga masyarakat untuk dilakukan pemberian vaksin lanjutan atau ke-2 di Balai Prajurit dan gedung Panti asuhan Korem 042/Gapu.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Koramil 415-09/ Telanaipura dikerahkan untuk menghadirkan kembali warga yang berada di wilayah binaannya untuk menerima vaksin tahap ke-2.

Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E membenarkan adanya kegiatan tersebut. Babinsa wajib menghadirkan kembali warga yang dahulu pernah menerima vaksin pertama untuk diberikan kembali vaksin ke-2.

Menurut Mayor Widi, dalam tahapan vaksin dosis pertama berfungsi untuk mengenal vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh serta untuk memicu respons kekebalan awal.

Sementara pada tahapan dosis kedua (booster), kandungan vaksin akan berguna untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.

“Semakin banyak orang yang menerima vaksin covid-19, membuat harapan pandemi segera teratasi semakin besar” ujarnya.

Satu dosis vaksin memang dapat memberi perlindungan dari virus Corona. Tetapi risiko tertular covid-19 paling rendah jika mendapatkan dua dosis.

Dalam kesempatan tersebut, Widi selalu mengingatkan kepada warga masyarakat yang menerima vaksin dosis kedua agar tetap menerapkan protokol kesehatan, sebelum sistem imun di dalam tubuhnya terbentuk sempurna, pungkasnya.(Pendim)